--> Skip to main content

follow us

Arti dan Makna Kata Pupuah dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau

Arti dan Makna Kata Pupuah dalam Bahasa Minangkabau 


Arti dan Makna Kata Pupuah dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau. Apa anda sering mendengar kata pupuah dalam obrolan orang Minangkabau atau dalam video clip lagu minang? Atau anda penasaran dengan kata pupuah yang sering diteriakkan oleh orang-orang Minang saat menonton Bola? Atau juga sering mendengar kata pupuah di Rumah makan Minangkabau (Rumah Makan Padang).

Nah untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang arti dan Makna dari kata Pupuah dalam bahasa Minangkabau. Blogminangkabau.com akan coba mengulas secara mendalam dan dilengkapi contoh percakapan dalam bahasa Minangkabau yang menggunakan kata pupuah.

Kata pupuah dalam bahasa Minangkabau termasuk ke dalam kata kerja dan juga sekaligus kata Sifat. Kata pupuah termasuk dalam rangkaian kata Minangkabau klasik yang penuturnya semakin sedikit. Oleh karena itu blogminangkabau.com mencoba untuk mengulas kembali kata-kata Minangkabau klasik/lama agar kata tersebut bisa digaungkan kembali oleh Orang Minangkabau zaman now. Kata pupuah juga termasuk ke dalam kosakata yang sering digunakan dalam aturan kata mandata (Baca selengkapnya tentang Kato Mandata di sini). Karena kata pupuah hanya cocok digunakan dalam percakapan sesama besar dan teman-teman sepermainan. Kata pupuah kurang tepat digunakan pada aturan Kato Mandaki (Berbicara kepada orang tua dan lebih tua) atau Kato Manurun (Berbicara kepada adik atau yang lebih muda).

Baik kembali lagi tentang pembahasan tentang arti dan makna kata pupuah. Sebelum membahas lebih lanjut tentang kata pupuah. Mari simak dengan teliti terlebih dahulu contoh Kalimat dan percakapan dalam bahasa minang di bawah ini.

"Bapupuah bana karajo, sampai dak takana nak pulang"

Arti kalimat di atas dalam bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut :

"Semangat sekali kerjanya, Hingga lupa untuk pulang"

Setelah membaca contoh kalimat yang menggunakan kata pupuah di atas. Apakah sanak pembaca Blogminangkabau.com sudah dapat menangkap sedikit arti dan makna dari kata Pupuah? Jika belum berikut sedikit ulasannya.

Kata pupuah di atas lebih bermakna dan lebih mendekati kepada kata sifat.

[ba]Pupuah (adj) = Semangat (adj)

Nah setelah membaca dan mempelajari arti dan makna kata pupuah di atas. Bisa disimpulkan bahwa arti dari kata puah dalam kalimat di atas adalah semangat.

Untuk memperkuat pemahaman tentang arti Pupuah. Silahkan disimak contoh percakapan di bawah ini. Percakapan di bawah ini adalah percakapan dalam berbahasa Minangkabau dan menggunakan kata Pupuah.

Da Itam : "Oi adiak, Jang lah bapupuah bana main mobil lejen tu. Ka dapua lah lai, Santa lai Amak pulang dari ladang"

Puti Linduang Bulan : "Tunggu santa Da. Taujuang a, Beko apeka lo adiak aa"

Da Itam : Ndeh yo lah payah ma ingek an nak gadih jaman now ko. Di ingek an, jaweknyo beko ka beko jo lu"

Percakapan di atas akan Blogminangkabau.com terjemakan ke dalam bahasa Indonesia. Kurang lebih bunyinya seperti ini.

Da Itam : "Oi Adik, Janganlah Semangat (berlebihan) sekali main Mobil Lejen. Masaklah lagi, Ibu sebentar lagi pulang dari ladang"

Puti Linduang Bulan : "Tunggu sebentar Uda. Nanggung nih, Ntar AFK"

Da Itam : Ondeh, Sangat susah kali mengingatkan anak gadis jaman now ni. Diingatkan, jawabnya nanti dan nanti saja"

Nah bagaimana Sanak Blogminangkabau.com apakah dengan membaca contoh percakapan yang menggunakan kata pupuah dalam bahasa Minangkabau di atas memantapkan pemahaman sanak dalam arti dan Makna Kata dari Pupuah?

Jadi kesimpulan dari artikel tentang kata pupuah di atas adalah sebagai berikut :


Pupuah = Semangat yang berlebihan

Catatan : Kata pupuah hanya etis digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam konteks kato mandata alias aturan berbahasa dengan teman sebaya. Jangan pernah mencoba menggunakannya dalam percakapan dengan orang tua atau lebih tua.

Demikianlah artikel yang membahas arti dan Makna Kata Pupuah dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau. Jangan lupa share dan komentar ya. Jika ada masukan dan referensi. Terimakasih telah berkunjung. Assalamualaikum.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar