--> Skip to main content

follow us

Arti dan Makna Kata Ketuk/Kenuk Dalam Bahasa Minang - Belajar Bahasa Minangkabau

Arti dan makna kata ketuk, kenuk dalam bahasa Minang - Belajar Bahasa Minangkabau 

Apa itu Ketuk? Apa itu kenuk? Pasti sering mendengar istilah kata ketuk dan kenuk ini bukan? Iya jika anda bukan orang Minangkabau dan penasaran dengan arti dan makna kata ketuk dan kenuk ini. Mak blogminangkabau.com ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Apalagi untuk mencari dan mempelajari tentang Minangkabau. Baik Minangkabau zaman dulu sekarang maupun yang akan datang. Baik budaya, sastra kesenian maupun bahasa Minangkabau.

Kata Ketuk dan Kenuk adalah Kosakata Minangkabau klasik atau lama dalam tatanan bahasa Minangkabau yang biasa digunakan oleh orang Minangkabau dalam percakapan sahari-hari. Kata ketuk dan kenuk umum digunakan oleh orang Minangkabau wilayah darek khususnya Solok atau wilayah selingkaran yang dulu disebut Kubuang Tigo Baleh.

Untuk memahami Arti dan Makna Kata Ketuk serta kenuk ini. Silahkan simak contoh percakapan atau dialog dalam bahasa Minangkabau di bawah ini untuk mempermudah mempelajari dan memahami arti kata ketuk dan kenuk ini.

Upiak Kamek : "Da bara kantang ko sakilo Da?"  
Uda Jua Kantang : "Nan gadang duo limo sakilo. Nan ketuk untuk randang tu tigo puluah ribu sakilo Diak"  
Upiak Kamek : "Bara nan kenuk ko tadi da? Tigo puluah? Pamaha Uda mah" 

Bagaimana dunsanak? Paham percakapan dalam bahasa Minangkabau di atas? Inti percakapan di atas adalah tawar-menawar kantang. Tapi jika Sanak masih belum mengerti. Silahkan pahami baik-baik percakapan di atas yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia di bawah ini.

Upiak Kamek : "Uda.. Berapa harga kantang ini Da?"  
Uda Jua Kantang : "Yang Besar 25 ribu sekilo. Yang Kecil untuk randang itu 30 ribu sekilo dik" 
Upiak Kamek : "Berapaan yang kecil tadi Da? 30? Ah mahal kali Da" 

Setelah membaca dialog di atas dalam Bahasa Indonesia. Apa dunsanak sudah paham? Iya betul, arti dan makna Ketuk dan Kenuk itu adalah Kecil.

Arti Ketuk/Kenuk adalah Kecil


Kata ketuk dan kenuk merupakan kosakata Minangkabau klasik atau lama yang merupakan jenis kata sifat. Meski berati kecil kata ketuk dan kenuk tidak bisa digunakan di sembarang kalimat dalam bahasa Minangkabau. Ada aturan penempatan kata ketuk dan kenuk dalam bahasa Minangkabau.

Kata ketuk dan kenuk hanya bisa digunakan pada kata benda. Tidak pada yang bernyawa. Misal manuasi ketuk, ayam ketuk. Dua kata tadi tidak tepat penggunaannya. 

Sedangkan Sinonim atau persamaan dan kosakata yang mirip serta memiliki arti dan makna sama dengan kata ketuk dan kenuk ini adalah sebagai berikut.

Ketuk/Kenuk = Kaciak, Keluh, 


Bagaimana? Sudah paham arti dan makna kata ketuk/kenuk? Jika dunsanak memiliki referensi lain dari kata ketuk dan kenuk silahkan berkomentar di bawah ya. Atau langsung menghubungi Blogminangkabau.com di page kontak yang tersedia di pojok kanan atas blogminangkabau.com ini.

Demikianlah artikel tentang arti dan makna kata ketuk dalam bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dunsanak tentang bahasa Minangkabau. Jangan lupa share dan like ya. Assalamualaikum

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar