--> Skip to main content

follow us

Fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau

Fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau


Blog Minangkabau – Laki-Laki di Minangkabau sangatlah istimewa. Berbeda kisah dengan keistimewaan kaum perempuan, laki-laki di Minangkabau pun memiliki peranan yang sangat berarti. Oleh karena itu artikel kali ini berjudul Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau. Mulai dari Anak Laki-Laki hingga laki-laki dewasa di Minangkabau.

Di Minangkabau Peranan Penting Anak Laki-Laki memiliki peran yang penting. Di antara Fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau di beberapa poin yang akan dijelaskan nanti memiliki nilai yang sangat penting. Untuk lebih jelasnya dalam artikel Fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau ini akan dijabarkan dengan jelas.

Mari langsung saja di simak sampai selesai artikel Fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau berikut.

Kaum laki-laki berdarah Minangkabau harus mengetahui dan menyadari ada banyak peran yang akan di lalui, mulai dari kecil hingga dewasa bahkan sampai tua nanti. Setidaknya ada 5 peran yang akan di lalui sebagai seorang lelaki Minang, yaitu:

Sebagai Anak

Pertama, sebagai seorang anak yang tidak hanya harus berbakti kepada kedua orang tua tapi juga bertanggung jawab kepada mereka. Tanggung jawab lelaki minang sebagai seorang anak tidak hanya saat masih kecil tapi berlangsung terus menerus, bahkan ketika kedua orang tua sudah meninggal tanggung jawab tersebut tetap ada dengan mengirimkan doa.

Sebagai Kemenakan

Seorang lelaki minang mulai belajar segala sesuatu tentang adat dan aturan kaum dimulai ketika ia menjadi kemenakan di bawah bimbingan sang mamak. Sebagai seorang kemenakan, lelaki minang harus patuh dan tunduk serta mengetahui seluk beluk dan aturan yang ada di dalam kaumnya.

Sebagai Urang Sumando

Setelah menikah seorang lelaki Minang Mereka akan menjalani peran baru sebagai “urang sumando”. Urang Sumando berarti sebagai suami yang akan tinggal dan bermukim di rumah keluarga istrinya. Sebagai seorang Sumando lelaki minang haruslah sangat berhati-hati, karena posisinya di rumah keluarga istrinya hanyalah sebagai seorang tamu. Dalam adat minang posisi urang Sumando digambarkan sebagai “Bak abu di ateh tunggua” artinya posisinya sangatlah lemah dan sangat bisa dan mudah sekali untuk angkat kaki jika melakukan kesalahan.

Namun, meskipun posisinya sangat lemah di tengah keluarga istrinya sebagai urang Sumando ia sangatlah dihormati. Untuk memanggil saja misalnya, ia tidak boleh dipanggil nama secara langsung melainkan yang dipanggil adalah gelarnya.

Sebagai Ayah

Selain sebagai seorang Sumando, lelaki minang tentu saja akan memasuki masa dimana ia akan menjadi seorang ayah. Sebagai seorang ayah seorang lelaki minang harus bertanggung jawab penuh terhadap anak dan istrinya. Bertanggung jawab tidak hanya secara lahir tapi juga bathin. Bagaimana ia kemudian mengajarkan anak serta istrinya tentang kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan adat minangkabau.
Sebagai Mamak

Suka tidak suka dan mau tidak mau sebagai seorang lelaki minang akan ada fase dimana ia akan menjadi seorang mamak. Di sini, tanggung jawabnya akan bertambah tidak hanya pada anak istri tapi juga kepada kaum dan anak dari saudara-saudara perempuannya.

Sebagai Penghulu

Setelah melalui semua fase di atas, bagi lelaki minang terpilih dan jika memang sanggup mereka akan menjadi penghulu bagi kaumnya. Di sini tugasnya akan semakin berat karena bertanggung jawab terhadap keseluruhan anggota kaumnya.

Siapa bilang laki-laki Minangkabau tidak punya peran penting di negerinya. Nah peranan yang di jelaskan pada artikel fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau tadi menjelaskan dan membantah anggapan kalau laki-laki minang sangatlah menyedihkan dan lain-lain. Semoga artikel fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau ini bermanfaat. Silahkan share jika bermanfaat. Salam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar