--> Skip to main content

follow us

Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau

Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau

Blog Minangkabau -- Pada umumnya dan pada dasarnya, surau merupakan salah satu tempat beribadah bagi umat Islam di Minangkabau. Secara garis besar Surau berbeda dengan mushola atau masjid seperti dikenal di daerah lain. Di Minangkabau, surau bukan hanya sekedar tempat beribadah, melainkan memiliki banyak kegunaan lainnya. Di surau terjadi pembentukan karakter kuat bagi masyarakat Minangkabau khususnya kaum laki-laki. Begitulah garis besar Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau

Seperti diketahui Hampir di seluruh daerah Minangkabau di kenal yang namanya 'surau suku', yaitu surau yang menjadi pusat suku tersebut, seperti untuk bermusyawarah kaum suku. Selain di rumah ‘gadang’, di surau juga bisa bermusyawarah. Rumah gadang sebagai unsur adat dan surau sebagai unsur syarak (agama). Begitulah salah satu aplikasi dan penerapan keterkaitan adat dan syarak di Minangkabau.

Antara adat dan syarak memiliki hubungan yang sangat kuat dan tak dapat dipisahkan. Adat bagaikan raga, sedangkan syarak bagaikan jiwa, antara jiwa dan raga tidak dapat dipisahkan, jika terpisah maka tiadalah kehidupan. Seperti ungkapan adat yang biasa dikenal oleh masyarakat Minangkabau.

Adat bapaneh, syarak balinduang, Syarak mangato, adat mamakai

Oleh karena itu blog Minangkabau hadirkan artikel keren berjudul Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau. Beberapa Fungsi, Kegunaan dan Fungsi surau di Minangkabau akan dirangkum pada ulasan di bawah ini. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Tempat beribadah


Sebagaimana tempat ibadah lainnya, surau di Minangkabau juga sebagai tempat beribadah umat Islam pada umumnya. Seperti sholat, belajar al-quran, dan berbagai ibadah lainnya. Begitulah Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau yang pertama.

2. Wirid adat


Wirid adat adalah pertemuan para pemuka adat suatu kaum. Di surau, mereka akan membahas tentang adat, agama, masalah yang terjadi dalam kaum, dan lain sebagainya. Wirid Adat ini adalah fungsi kedua dari Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau

3. Tempat Bermusyawarah kaum sesuku


Dalam bermusyawarah, biasanya membicarakan tentang adat nan taradat dan adat istiadat, bagaimana langkah selanjutnya untuk membangun dan mensejahterakan kaum sesuku. Dalam bermusyawarah akan saling mengeluarkan pendapat, masukan atau saran, dan aspirasi masing-masing. Selain itu, surau juga dijadikan sebagai sarana untuk mengumunmkan hasil musyawarah atau keputusan kepada masyarakat. Di sinilah letak Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau sebagai tempat bermusyawarah kaum sesuku.

4. Tempat ‘tinggal’ pemuda


Mungkin kata yang tepat adalah tempat belajar kaum laki-laki atau pemuda. Maksudnya bukan tempat tinggal sebagaimana layaknya rumah, tapi para pemuda Minangkabau tidur di surau, sedangkan untuk kehidupan sehari-hari mereka tetap tinggal dirumahnya. Di zaman dahulu, para pemuda Minangkabau setelah mereka belajar al-quran di surau, maka mereka akan langsung tidur di surau itu. Namun, di zaman sekarang mungkin sedikit atau tidak ada pemuda yang masih tidur di surau. Nah disinilah letak Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau sebagai tempat tinggal atau tempat pembentukan karakter bagi pemuda dan kaum laki-laki Minang.

Di surau kaum laki-laki minangkabau belajar kepemimpinan dan di surau juga kebanyakan laki-laki minang belajar beladiri terutama beladiri asli Minangkabau yaitu silek. Dan di surau inilah cikal bakal lahirnya aliran silek terkenal mematikan dari Minangkabau. Baca juga : Fungsi dan Peranan Penting Anak Laki-Laki di Minangkabau

Itulah beberapa Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau. Silahkan share dan bagikan artikel ini agar semakin bermanfaat.

Dan jika Anda merasa artikel Fungsi, Kegunaan dan Peranan Penting Surau Dalam Kehidupan Masyarakat Minangkabau ini bermanfaat dan berguna bagi kelangsungan budaya dan Kebudayaan Minangkabau. Anda dapat mengirimkan donasi via rekening atau pulsa. Silahkan cek kontak kami untuk info lengkap donasi. Sebagian donasi akan digunakan untuk kegiatan sosial dan Kebudayaan. Terimakasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar