--> Skip to main content

follow us

Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia

Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia

Melirik judul artikel Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia mungkin terdengar berlebihan. Tapi memang seperti itulah kenyataannya. Banyak sekali Sastrawan Hebat Asal Minang yang sudah membawa pengaruh terhadap masyarakat Indonesia. Sastrawan tersebut telah menjadi panutan dalam penggarapan sastra modern zaman sekarang.

Banyak parah tokoh kepenulisan jaman now yang terang-terangan mengidolakan Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia Ini. Jangan mengaku kalau Anda pecinta sastra kalau Anda belum mengenal ketiga tokoh hebat kebanggan Minang berikut ini.

Siapa saja mereka? Mari simak sampai abis dan selesai ulasan di bawah ini tentang Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia Diantaranya :

Taufik Ismail

Siapa yang tak pernah dengar nama seorang Taufik Ismail? lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat Pada tanggal 25 Juni 1935, Taufik Ismail tumbuh dalam lingkungan keluarga guru dan wartawan yang suka membaca. Dikarenakan lahir dan hidup di keluarga guru dan wartawan ini, semenjak SMA Taufik Ismail sudah bercita-cita untuk menjadi sastrawan. Kalau Anda sering mampir ke Taman Ismail Marzuki (TIM), Taufik Ismail merupakan salah satu orang yang mendirikan tempat tersebut.

Ia juga merupakan salah seorang pendiri Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), dan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) pada tahun 1968. Karyanya yang terkenal berbentuk puisi. Diantaranya yang berjudul Sebuah Jaket Berlumur Darah, Karangan Bunga, Syair Orang Lapar, Salemba dan masih banyak lainnya.

Buya Hamka

Sama seperti Taufik Ismail, Buya Hamka lahir di tanah minang pada tahun 1908 di desa kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat. Ternyata Hamka itu merupakan singkatan dari nama beliau yaitu Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Selain sebagai sastrawan, Buya Hamka juga merupakan wartawan, penulis, editor, dan penerbit sejak tahun 1920-an. Karya beliau yang terkenal dan sudah difilmkan yaitu Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Di Bawah Lindungan Ka’bah.

Siapa yang tidak kenal dengan dua karya agung tersebut. Selain sebagai sastrawan Hamka juga dikenal sebagai pendakwah Islam Moderen. Oleh karena begitulah beliau dikenal dengan sebutan Buya.

Marah Roesli

Marah Roesli yang bernama lengkap Marah Rusli bin Abu Bakar merupakan tokoh Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia kelahiran Padang, Sumatera Barat, 7 Agustus 1889. Dengan buku Siti Nurbayanya yang sangat populer, Marah Rusli dijuluki sebagai Bapak Roman Modern Indonesia. Selain Siti Nurbaya, Marah Rusli juga menulis beberapa roman lainnya seperti Lasmi, Anak dan Kemenakan Memang Jodoh dan Tesna Zahera.

Lalu siapkah anda jadi tokoh Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia selanjutnya? Siapkah anda membawa nama besar tersebut? Atau malah anda membuat nama sendiri? Nah Itulah Sastrawan Hebat Asal Minang Yang mengguncang Indonesia. Terimakasih telah berkunjung di blog Minangkabau ini. Semoga artikel di atas bisa menambah referensi anda. Salam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar