--> Skip to main content

follow us

Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau

Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau

Arti Manongkang dan Tongkang 

Sedang mencari arti kata Manongkang dalam bahasa Minangkabau. Nah anda sedang membaca artikel yang tepat kali ini. Artikel yang berjudul Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau ini akan membahas arti dan makna dari kata Manongkang ini. Admin akan mencoba menjelaskan secara rinci arti kata manongkang ini. Baik artinya ketika kata manongkang ini berdiri sendiri atau dalam bentuk kalimat.

Kata Manongkang adalah salah satu bentuk kata dalam bahasa minang yang mungkin termasuk ke dalam kata-kata atau kosakata minang lama. Yang mana kata manongkang ini biasanya digunakan di dalam atau di daerah pertanian padi. Karena kata manongkang ini termasuk kata yang digunakan di dalam percakapan yang berhubungan dengan pertanian khususnya tanaman padi. Kata manongkang sampai saat ini masih digunakan dalam percakapan minang asli dan dalam keseharian masyarakat atau orang Minangkabau.

Kata manongkang berasal dari kata awal yaitu tongkang. Nah lalu apa Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau? Berikit penjelasan mendalam dari kata manongkang dan tongkang ini.
Manongkang = Memanen (Umumnya digunakan dalam kata dan kalimat yang berhubungan dengan padi)

Manongkang adalah kosakata dalam bahasa minang yang berasal dari kata awal tongkang. Tongkang sendiri kata benda. Yaitu alat berupa tong untuk malambuk (membanting padi ke tongkang).

Contoh kalimat yang menggunakan kata manongkang dan tongkang.
“Alah manongkang urang di sawak etek rubiah”

Artinya dalam bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut:
“Sudah panen orang di sawah tante Rubiah”

Nah dunsanak, Kalimat di atas berisi kata manongkang. Yang artinya memanen khususnya padi. Manongkang sangat identik dengan tanaman padi. Karena di Minangkabau kata manongkang hanya digunakan saat memanen padi di sawah.

Sedangkan kalimat selanjutnya adalah kalimat yang menggunakan kata tongkang.
“Urang nan manongkang di sawah etek Rubiah pakai tongkang mak Lelo”

Artinya dalam bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut :

“Orang yang panen di sawah etek Rubiah menggunakan Tongkang mak Lelo”

Arti tongkang adalah sebagai berikut;

Tongkang = Alat berupa tong biasanya persegi empat dan memilik gigi seperti anak tangga melengkung untuk tempat padi di banting atau di pukulkan.

Nah itulah Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau. Perlu diingat kata-kata manongkang dan tongkang kadang tidak terdapat di beberapa daerah. Itu disebabkan bahasa Minangkabau memiliki banyak ragam dialeg dan kosakata di setiap daerah.

Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau yang admin bahas di aatas adalah kata yang biasanya digunakan di daerah Solok dan sekitarnya termasuk padang. Untuk daerah lain mungkin berbeda atau sedikit berbeda.

Jika sanak yang sedang membaca artikel yang berjudul Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau di blogminangkabau.com ini memiliki kosakata dan arti lain. Silahkan hubungi kontak atau tulis di kolom komentar yang kami sediakan di bawah artikel Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau ini. Mari dukung terus bahasa Minangkabau dan jadilah orang Minangkabau yang melestarikan bahasa Minang. Salam

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar