--> Skip to main content

follow us

Arti dan Makna Dari Kata Tingkok Dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau

Arti dan Makna Kata Tingkok dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau. Bagi sebagian orang mungkin ada yang pernah mendengar kata tingkok? Lalu penasaran sekali dengan Arti dan Makna kata Tingkok tersebut? Kali ini Blogminangkabau.com akan membahas secara mendalam kata Tingkok. Baik arti dan makna dari kata tingkok itu sendiri. Maupun Daerah penyebaran atau daerah endemik penggunaan kata Tingkok ini. Contohnya dalam kalimat, percakapan serta penempatan yang  kata tingkok dalam Bahasa Minangkabau.

Tingkok, adalah bahasa endemik dan termasuk ke dalam kosakata Minangkabau lama yang penutur aslinya sudah sangat sedikit dikarenakan asimilasi bahasa Indonesia umum ke dalam Bahasa Ibu yaitu Bahasa Minangkabau Asli. Kata Tingkok adalah Kosakata dalam bahasa Minangkabau yang penuturnya hanya ada di beberapa daerah tertentu.

Kata Tingkok umumnya digunakan oleh penutur bahasa Minangkabau yang bertempat tinggal di sekitaran Kaki Gunung Talang. Berdasarkan data acak yang Blogminangkabau.com dapatkan, baik secara langsung maupun pengamatan tidak langsung. Penutur yang menggunakan kata tingkok hanya ada di sekitar Nagari Talang, Sedikit di cupak perbatasan, Guguak dan sekitarnya.

Namun jika seandainya ada dari pembaca Blogminangkabau.com yang juga merupakan penutur Bahasa Minangkabau yang juga menggunakan kata tingkok. Silahkan berkomentar di kolom komentar atau hubungi blogminangkabau.com di kontak yang tersedia di pojok atas.

Baik, Kembali lagi ke pokok pembicaraan tentang Arti dan Makna dari Kata Tingkok dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau. Kata Tingkok, Kata klasik ini merupakan salah satu kata Minangkabau kuno/lama yang termasuk ke dalam bahasa Minangkabau dengan jenis kata benda. Nah makin penasaran bukan? Dengan arti dan makna kata Tingkok ini? Yuk share dulu di facebook atau sosmed lainnya sebelum scroll down dan melanjutkan membaca Arti dan Makna dari Kata Tingkok.

Sebelum membahasnya, Sanak pembaca Blogminangkabau.com silahkan simak dulu contoh kalimat dalam bahasa Minangkabau di bawah ini yang menggunakan kata Tingkok.

"Tingkok Rumah Gadang Lah Lapuak di Giriak Kumbang" 


Makin penasaran? Yuk di simak arti  kalimat Bahasa Minangkabau di atas di bawah ini, Kalimat di atas telah diartikan ke dalam Bahasa Indonesia. Bunyinya kurang lebih seperti berikut ini:

"Jende** Rumah Gadang (Rumah Adat Tradisional Bangsa Minangkabau) telah lapuk di Makan Kumbang" 

Bagaimana Sanak? Sedikit paham? Arti dan Makna dari kata Tingkok yang digunakan di kalimat di atas? Baiklah untuk menambah pengetahuan sanak pembaca Blogminangkabau.com tentang arti dan makna dari kata tingkok ini, Admin akan coba gunakan kata Tingkok dalam bentuk dialog atau percakapan dalam bahasa Minangkabau seperti di bawah ini.

Ande Jalito = "Oi Puti, Jago lah lai nak, Lah siang Hari Ko Mah. Bukak lah Tingkok tu Bia Nak Batuka Baun Biliak Puti Ko Nak Oi"  
Puti Indo Jalito = "Iyo Nde, Santa lai puti bukak tingkok tu. Mato puti masih barek Nde"  
Ande Jalito = "Yo lah paniang Nde mancaliak Nak Gadih Kini, Alah Jago Siang, Indak pandai Ka Dapua, Nan biliak idak lo tabarasiah an, Baun Kapuyuak Biliak Ko Nak Oi"

Bagaimana sanak Blogminangkabau.com? Paham dengan percakapan dalam bahasa Minangkabau di atas? Percakapan di atas menggunakan kata tingkok. Jika belum mengerti, Silahkan simak baik-baik terjemahan percakapan di atas dalam bahasa Indonesia seperti di bawah ini.

Ande Jalito = "Oi Puti, Bangun gih. Udah Siang. Buka tuh jendela biar udara masuk ke kamar. Kamar udah apek"  
Puti Indo Jalito = "Iya Nde (Ibu). Bentar lagi, Ntar jendelanya di buka. Sekarang masih ngantuk banget Nde"  
Ande Jalito = "Duh Pusing Lihat Kelakuan Anak Perempuan Sekarang. Udah bangun tidur siang. Masak kaga bisa. Kamar dah brantakan Baunya minta Ampun. 

Bagaimana Sanak? Sudah paham arti dan makna dari kata Tingkok tersebut? Baiklah langsung saja dibahas arti dan makna kata tingkok.

Tingkok (KB) = Jendela (KB) 


Jadi arti dan makna dari kata Tingkok adalah Jendela. 

Sekali lagi kata tingkok adalah kata endemik yang hanya digunakan oleh kebanyakan orang Minangkabau yang berdomisili di sekitar kaki Gunung Talang. Terutama di Nagari Talang itu sendiri. Namun jika ada dari Sanak pembaca Blogminangkabau.com yang pernah menggunakan kata tingkok di daerahnya. Mohon hubungi Blogminangkabau.com di kontak yang tersedia di atas. Semoga dengan kerjasama dari Sanak Pembaca Blogminangkabau.com, Bahasa Minangkabau bisa berjaya dan dapatkan Marwahnya kembali. Dan penutur bahasa Minangkabau kembali banyak dan paham kata-kata lama dari Kosakata Minangkabau. Yuk Belajar Bahasa Minangkabau di Blogminangkabau.com.

Demikianlah artikel yang mengulas Arti dan Makna Kata Tingkok Dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau. Semoga adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan menjawab rasa penasaran Sanak akan Arti dan Makna Kata Tingkok. Terima kasih telah membaca, Jangan lupa share ya. Assalamualaikum

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar